Lokasi
Beranda > Berita > Jawa Barat > Aher Dukung Masyarakat Desa Lebih Berdaya

Aher Dukung Masyarakat Desa Lebih Berdaya

aher

 

Medan, jabar.pks.id – Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah membuat peluang kerja semakin banyak. Namun, kesempatan tersebut belum tentu bisa diakses oleh masyarakat desa karena keterbatasan tingkat pendidikan. Karena itu, Ahmad Heryawan (Aher) mendukung ide agar pemerintah mengalokasikan sebesar 20 persen dari bantuan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat. Hal tersebut disampaikan gubernur Jawa Barat itu usai mengikuti workshop Asosiasi Pemerintah Provinsi (APPSI), pada Rabu (20/9/2017), di Medan, Sumatera Utara.

 

“Ada masyarakat di pedesaan, karena berbagai kendala sosial ekonomi dan pendidikan yang dihadapi, gak bisa mengakses peluang kerja yang tersedia. Nah, masyarakat seperti ini sebetulnya perlu diadvokasi lewat pemberdayaan,” ujar Aher.

 

Karena itu, Aher mendukung pengurus APPSI yang akan mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk menganggarkan 15 – 20 persen dana desa untuk pemberdayaan masyarakat melalui perubahan Peraturan Pemerintah (PP).

 

“Mudah-mudahan bisa masuk ke perubahan PP, sehingga tahun depan sudah diubah dan pemberdayaannya diperbesar, jadi katakanlah menjadi 15-20 persen. Saya kira cukup memadai,” tutur Aher.

 

Bila usulan tersebut disetujui, Aher berkomitmen menyiapkan sarana pendukungnya. Sarana pendukung yang dimaksud bisa berupa pendampingan dan berbagai program kerja yang jelas dan efektif. Aher berharap hal tersebut bisa meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa. (HumasJabar/DLS)

 

Baca juga

Leave a Reply

Top