Lokasi
Beranda > Berita > Jawa Barat > Belajar Toleransi dari Pesantren

Belajar Toleransi dari Pesantren

syaikhu ahmad jabar kece

 

Bandung, jabar.pks.id – Kehidupan para kiyai di pesantren memberikan inspirasi tersendiri bagi Ahmad Syaikhu. Menurut kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang akan berlaga di pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Barat itu, para kiyai telah memberikan teladan dalam sikap toleransi. Hal tersebut disampaikan Syaikhu usai menutup Lomba Baca Kitab Kuning, pada Sabtu (7/10/2017), di Bandung, Jawa Barat.

 

“Para kiyai di pesantren, ketika mereka sudah memahami banyak kitab, justru menunjukkan sikap tasamuh yang luar biasa. Toleran terhadap berbagai perbedaan pendapat,” buka Syaikhu.

 

Sikap toleransi, lanjut Syaikhu, merupakan modal penting dalam berdemokrasi. Dengan adanya sikap tersebut, perbedaan sekeras apapun tidak membuat perpecahan. Segala perbedaan bisa disikapi dengan bijaksana.

 

Syaikhu menerangkan bahwa PKS membawa semangat toleransi itu ke politik. Ketua DPW PKS Jawa Barat itu menganalogikan dengan permainan badminton. Lawan dalam permainan badminton sejatinya merupakan kawan dalam berolahraga.

 

“Semua kontestasi itu bukan permusuhan. Seperti saya ingin bermain badminton. Saya butuh lawan, kan? Nah, lawan saya itu teman berolahraga. Begitu juga dalam kontestasi politik, lawan saya itu adalah teman berdemokrasi,” pungkasnya. (DLS)

Baca juga

Leave a Reply

Top