You are here
Home > Berita > Jawa Barat > Kabupaten Cianjur Juarai Lomba Baca Kitab Kuning

Kabupaten Cianjur Juarai Lomba Baca Kitab Kuning

825 total views, 7 views today

 

Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jawa Barat dan  Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Barat kembali menggelar Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) Tingkat Provinsi, pada Ahad (16/9/2018), di aula kantor DPW PKS Jawa Barat Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jawa Barat. Peserta dari Kabupaten Cianjur berhasil meraih juara pertama, berhak mendapat hadiah umroh dan mewakili Jawa Barat maju ke tingkat nasional yang akan diselenggarakan oleh DPP PKS.

 

“Juara pertama diraih Asep Sofyan perwakilan dari Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al-Hodijiyah Kabupaten Cianjur,” ungkap dewan juri saat membacakan keputusannya.

 

 

Selanjutnya juara ke dua diraih Muhammad Dede Lutfi perwakilan dari Pondok Pesantren Nurul Hidayah Kabupaten Tasikmalaya berhak mendapatkan tropy dan uang pembinaan senilai tujuh juta lima ratus ribu rupiah. Juara ketiga diraih Budi Andrianto perwakilan dari Pondok Pesantren Assidiqiyah Kabupaten Karawang berhak mendapatkan tropy dan uang pembinaan senilai lima juta rupiah.

 

Sekretaris Umum DPW PKS Jawa Barat Abdul Hadi Wijaya menyatakan dengan membaca kitab berarti kita belajar dari sumbernya secara langsung. Sehingga pengetahuan yang kita dapatkan merupakan hasil kajian dari khasanah peninggalan para ulama.

 

 

Sementara itu Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat Tetep Abdulatif berharap lomba ini dapat menambah kecintaan masyarakat terhadap kitab-kitab klasik rujukan umat Islam. Pada lomba kali ini, kitab yang dibaca adalah Fathul Mu’in.

 

Di tempat yang sama Ketua Bidang Pembangunan Umat DPW PKS Jawa Barat Abdul Muiz menyatakan kegiatan ini diikuti utusan pesantren dari berbagai daerah se Jawa Barat sebanyak 184 peserta terdiri dari 146 santriwan dan 38 santriwati, yang telah mengikuti babak penyisihan di masing-masing kota dan kabupaten.

 

 

Lebih lanjut anggota Fraksi PKS DPRD Jabar ini menyatakan bahwa PKS sebagai partai dakwah sangat menghormati dan menjunjung tinggi tradisi keilmuan,  melalui kajian kitab kuning karya ulama. Keluarga besar PKS beraqidah ahlus sunnah wal jamaah, serta berazam untuk memajukan pesantren. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan memberikan penghargaan kepada ulama, cerdik cendekia,  pesantren, motivasi kepada santri agar lebih giat mempelajari kitab kuning.

 

“Penghargaan dan terimakasih kepada unsur MUI Jabar,  PWNU dan asatidz pesantren yang telah mendukung terselenggaranya acara ini”, pungkasnya.

 

Bertindak sebagai dewan juri DR. H. Asep Ahmad Fathurrohman, Lc, H. Rahmat Soji, Lc. MA, H. Mohammad Isa Anshori, Lc. MA dan H Hadiatullah, SQ MA.

 

Foto: Para pemenang lomba baca kitab kuning ke 3 DPW PKS Jawa Barat foto bersama para panita dan pengurus DPW PKS Jawa Barat seusai acara lomba di aula kantor DPW PKS Jawa Barat, Minggu 16/9/2018.

Similar Articles

Leave a Reply

Top
%d bloggers like this: