Lokasi
Beranda > Berita > Jawa Barat > Tate Qomaruddin: Tiap Kerja Sama Harus Menghasilkan Alih IPTEK ke Jabar

Tate Qomaruddin: Tiap Kerja Sama Harus Menghasilkan Alih IPTEK ke Jabar

IMG-20160808-WA0023

Jakarta, jabar.pks.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Tate Qomaruddin besarta rombongan Komisi 1 DPRD Jawa Barat berkunjung ke kantor Menko Polhukam pada Kamis (4/8) di Jakarta. Kunjungan ini bertujuan untuk berkonsultasi terkait rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjalin kerja sama dalam bentuk sister province dengan empat provinsi di Republik Rakyat Tiongkok.

“Rencananya ada empat provinsi, yaitu Heilojiang, Guangxi Zhuang, Chongging, dan Sichuan. Pada prinsipnya pihak kementerian memberi sinyal positif. Namun, tetap perlu diperhitungkan agar jalinan ini saling menguntungkan,” kata Tate.

Kerja sama ini, lanjut Tate, rencananya akan mencakup beberapa bidang. Di antaranya adalah bidang pertanian, pengembangan IPTEK, budaya dan pariwisata, ekonomi dan perdagangan, pendidikan, pemerintahan, pembangunan perkotaan dan pedesaan, transportasi, dan investasi.

Selain harus menguntungkan, Tate juga menekankan agar terjadi alih ilmu pengetahuan dan teknologi ke pihak Jawa Barat. Tiap bidang sektor yang akan bekerja sama juga harus memiliki strategi dan desain yang jelas.

“Merujuk pada Permendagri Nomor 3 Tahun 2008, kerja sama ini harus menghasilkan alih ilmu pengetahuan dan teknologi ke Jawa Barat. Strategi dan desainnya juga harus jelas. Jika tidak, maka kita hanya akan menjadi pasar dan objek dari pihak luar negeri,” pungkasnya. (DLS)

Baca juga

Leave a Reply

Top