PKS Gelar Bimtek Wakil Rakyat Banjabar, Ini Tanggapan Haru Suandharu

Ketua DPW PKS Jawa Barat Haru Suandharu terus meningkatkan kapasitas anggota DPRD dari PKS se-Jawa Barat.

Hal itu disampaikan dalam agenda Bimbingan Teknis Anggota DPRD dari PKS se wilayah Banten, Jakarta dan Jawa Barat (Banjabar) yang digelar di Hotel Holiday Inn Jakarta, Senin (7/3/2023).

“Kita dapat undangan bimtek dari BPW PKS Banjabar. Tentu saja ini kesempatan yang sangat baik agar kita terus bisa meningkatkan kapasitas,” katanya.

Dalam agenda hari pertama bimtek ini ada materi tentang bagaimana memahami sumber-sumber APBD dari APBN dan Bank Indonesia, dengan pemateri dari Kemendagri.

Menurutnya ini hal yang positif. Agar anggota DPRD dari PKS paham, sehingga mampu lebih baik lagi dalam mengadvokasi kepentingan daerah dan ikut andil dalam meningkatkan sumber-sumber pendapatan daerah.

“Bagaimana kita semakin mampu mengadvokasi aspirasi masyarakat, termasuk isu yang menarik itu tentang peningkatan PAD di daerah dengan sumber-sumber dari pusat. Tadi diskusi sedang seru. Peserta bertanya tentang pajak, redistribusi pendapatan dan yang lainnya.”

Bimtek ini kata Haru, karena murni pesertanya internal PKS, tentu akan ada arahan-arahan terkait persiapan menghadapi Pemilu 2024.

“Tentu ini berbeda dengan bimtek yang diselenggarakan Kemendagri atau DPRD. Tentu saja akan ada arahan-arahan khusus untuk meningkatkan kinerja anggota dewan provinsi dan kota kabupaten Fraksi PKS, dan ini terkait persiapan menghadapi Pemilu 2024.”

Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi dan berbagi pengalaman antar anggota legislatif. “Sudah ada yang tiga sampai empat periode, ada juga yang baru satu kali. Ada yang tetap akan menjadi caleg DPRD kabupaten kota, ada juga yang naik ke provinsi. Ini bisa saling membantu, memberikan wawasan. Berbagi tips bagaimana memperjuangkan aspirasi,” imbuh Haru.

Ketika ditanyakan apakah ada gap atau jarak antara yang senior dengan yang junior, Haru menjawab bahwa hal itu tidak ada. “Saya kira enggak. Memang ada yang baru masuk, ada yang sudah lama. Tapi selalu ada komunikasi. Ada sharing, saling berbagi, ada ajang pembelajaran antar anggota dewan. Proses yang baik dan kaderisasi berjalan.”

Selain mendengarkan narasumber dari Kemendagri, ada juga ahli komunikasi.

Terkait Pemenangan PKS tahun 2024 di Provinsi Jawa Barat, Haru akan terus menggenjot program-program yang langsung bisa dilihat masyarakat. Salah satunya dengan mengoptimalkan kinerja kepala daerah atau wakil kepala daerah dari PKS.

“Saya dengar kepala daerah dari PKS juga diundang. Anggota DPR RI juga diundang.Intinya kita ini harus sukses. Apalagi kepala daerah atau wakil kepala daerah. Itu kan kinerjanya langsung dirasakan. Langsung terlihat. Ketika masyarakat tahu mereka itu dari PKS, maka akan meningkatkan elektabilitas PKS,” pungkasnya.