Deputi Pekerja Migran Bidnaker PKS Jawa Barat Yoseph Salmon Mengikuti FGD tentang Nasib TKI

BANDUNG, bekasimedia.com – Ketua Deputi Pekerja Migran Indonesia (PMI) Bidang Ketenagakerjaan DPW PKS Provinsi Jawa Barat, H. Yoseph Salmon Yusuf mengikuti acara Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Barat, yang bertempat di Best Western Premier La Grande Hotel Bandung, Senin (1/5/2023).

Acara FGD ini merupakan bentuk optimalisasi pengayoman untuk buruh di luar negeri yang bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional atau Mayday.

Yoseph Salmon Yusuf yang juga Bakal Calon Anggota DPR RI dari PKS di Dapil Jabar 9 ini, mendapat amanah untuk mengikuti acara ini dari Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat asal Fraksi PKS Abdul Hadi Wijaya.

Menurut Yoseph Salmon Yusuf, acara ini cukup baik dan memberikan motivasi tersendiri untuk Dinas Tenaga Kerja yang ada di daerah untuk menyelenggarakan sistem satu atap, dalam penyelenggaraan pelayanan dari persiapan pemberangkatan dan urusan-urusan ketenagakerjaan keluar negeri.

“Sistem satu atap ini bertujuan untuk mempermudah pemantauan, registrasi pendaftaran dan juga mencari pekerjaan yang ada di luar negeri. Bidnaker PKS DPW Jawa Barat juga senantiasa bekerja dan concern dengan perkembangan penyelenggaraan ketenagakerjaan khususnya untuk PMI/asing/luar negeri,” ujarnya kepada bekasimedia.com pada Selasa (2/5/2023).

Acara FGD tersebut dihadiri oleh beberapa Disnaker kota/kabupaten yang ada di Jawa Barat, khususnya yang memiliki tingkat tenaga kerja PMI yang cukup banyak, di antaranya Indramayu, Cirebon, Subang, Majalengka, Sukabumi dan daerah lain di Jawa Barat.

FGD ini sebagai sosialisasi pelayanan satu atap dari tingkat provinsi hingga kelurahan. “Kepala Desa sudah bisa memonitoring kegiatan yang sifatnya memudahkan warganya yang ingin bekerja di luar negeri. Pemerintah juga senantiasa melayani pemantauan dan mengedukasi masyarakat terkait kerja di luar negeri,” ungkap Yusuf

Menurutnya, pelayanan satu atap ini tentunya masih khusus untuk daerah-daerah yang PMI-nya banyak. “Pemerintah sudah memberikan satu terobosan solusi yang luar biasa yakni memberikan pengayoman yang baik kepada warga melalui kepala desa. DPW PKS Jawa Barat sangat concern membantu, memperhatikan dan mengadvokasi persoalan PMI sesuai dengan kemampuan,” pungkasnya.