PKS Daftarkan Ratusan Bacaleg ke KPU Jabar

BANDUNG, jabar.jpnn.com – DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat menjadi partai pertama yang mendaftarkan calon anggota legislatif (caleg) ke KPU Jawa Barat. Rombongan DPW PKS pada Senin (8/5) pagi itu dikawal beberapa caleg dan juga simpatisan.

“Hari ini kami dengan teman-teman pengurus DPW PKS dan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari beberapa dapil untuk mewakili. Kami hari ini mendaftarkan Bacaleg tingkat Provinsi Jabar kepada KPU Jabar,” kata Ketua DPW PKS Jabar Heru Suandharu.

Ia menuturkan, jumlah Bacaleg dari partainya yang didaftarkan ke KPU berjumlah 120 orang yang telah memenuhi komposisi 30 persen keterwakilan perempuan. Dari jumlah itu, 50 persen Bacaleg di antaranya wajah baru. “Wajah baru ada 50 persen, memang sebagian dari anggota dewan kami yang sekarang sedang menjadi anggota dewan ditugaskan ke pusat, sebagian tetap di provinsi. Sehingga, kami membutuhkan bacaleg baru, mudah-mudahan kehadiran dari mereka ini bisa memperkaya kader-kader PKS di tingkat provinsi,” jelasnya.

Kata Heru, Bacaleg perempuan tersebar merata di seluruh daerah pemilihan (dapil) di Jabar. “Iya jadi 36 persen rata-ratanya, ada yang lebih sampai 50 persen, dan posisinya tidak selalu nomor tiga, ada nomor dua dan satu. Di dua dapil ini ada Bacaleg kami, nomor satunya perempuan,” jelasnya.

Ia menambahkan, di Pemilihan Legislatif (Pileg) nanti, PKS menargetkan bisa meraih dua kali lipat dibanding Pileg sebelumnya.

Adapun saat ini, PKS memiliki 21 kursi di DPRD Jabar. Dengan target itu, PKS artinya menginginkan 42 kursi dalam Pileg 2024 nanti. “Mudah-mudahan, minimal bisa bertambah dua kali lipat dari yang sudah ada. Mudah-mudahan masyarakat percaya dan menitipkan aspirasinya kepada PKS Jabar,” ucapnya.