Ragam Cara Unik Calon Legislator PKS di Jabar Mendaftar ke KPU

Cirebon, detik.com – Ragam cara unik dilakukan bakal calon anggota legislatif dari PKS saat mendaftar ke KPU. Mulai dari menunggangi delman hingga menggunakan kesenian daerah.

Di Cirebon misalnya, proses pengajuan Bacaleg ke KPU yang berlangsung pada Senin (8/4/2023) itu dilakukan dengan cara unik. Pantauan detikJabar, pimpinan DPD PKS bersama rombongan tiba di kantor KPU Kabupaten Cirebon pada sekitar kurang lebih pukul 08.00 WIB. Tabuhan kesenian hadroh dan tari topeng mewarnai proses pengajuan kader PKS yang menjadi Bacaleg ke kantor KPU.

Dalam proses pengajuan Bacaleg ke kantor KPU, DPD PKS Kabupaten Cirebon turut menghadirkan beragam kesenian. Mulai dari kesenian hadroh hingga kesenian tari topeng.

Ketua DPD PKS Kabupaten Cirebon Junaedi mengatakan pihaknya sengaja menampilkan dua kesenian tersebut untuk menghadirkan nunansa Islam dan mengangkat kesenian budaya khas Cirebon.

“Kalau hadroh kan isinya itu Sholawat. Kita ingin mengawali langkah perjuangan menghadapi Pemilu ini agar mendapat restu dari Allah SWT. Jadi kita iringin perjalanan kita (ke kantor KPU) dengan hadroh. Kemudian untuk tari topengnya karena kita ingin menampilkan kesenian lokal,” ucap dia.

Dia menambahkan untuk Pemilu 2024, pihaknya telah menyiapkan sejumlah kadernya untuk diajukan sebagai Bacaleg. Ia menyebut total ada 50 orang Bacaleg dari PKS yang telah diajukan ke KPU Kabupaten Cirebon.

Ia menuturkan, dalam proses pengajuan ini, pihaknya telah melengkapi dan menyerahkan seluruh persyaratan yang ditentukan. Termasuk telah memenuhi syarat adanya minimal 30 persen keterwakilan perempuan di tiap Daerah Pemilihan (Dapil).

“Alhamdulillah pada hari ini, kami dari DPD PKS telah menyerahkan dokumen persyaratan bakal calon anggota DPRD untuk Pemilu 2024,” kata Junaedi.

“Kami telah menyerahkan 50 nama (Bacaleg). Sesuai dengan kuota kursi DPRD Kabupaten Cirebon. Dan dari 50 nama itu, alhamdulillah kami telah mengirim lebih dari 30 persen (keterwakilan) perempuan. Dari total 50 (Bacaleg) 21 di antaranya adalah perempuan,” kata dia menambahkan.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Sopidi mengatakan, memasuki minggu kedua, atau tepatnya pada Senin (8/5) pihaknya baru menerima pengajuan Bacaleg dari satu partai peserta Pemilu 2024, yaitu PKS.

Ia menjelaskan, setelah proses pengajuan daftar Bacaleg selesai, maka untuk tahap selanjutnya pihaknya akan melakukan proses verifikasi administrasi. Proses verifikasi itu akan dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2023.

“Alhamdulillah KPU Kabupaten Cirebon hari ini pecah telur. Hari ini sudah ada satu peserta Pemilu yang mendaftarkan, mengantarkan bakal calonnya. Yaitu dari Partai Keadilan Sejahtera. Ada 50 bakal calon. Untuk selanjutnya, sesuai dengan tahapan, pada 15 Mei 2023, verifikasi administrasi,” kata dia.

Pakai Delman
Cara unik juga dilakukan Bacaleg dari PKS di Kabupaten Bandung. Mereka menunggangi delman untuk menuju ke kantor KPU Kabupaten Bandung.

Ada sejumlah delman yang dinaiki oleh bakal calon legislatif. Mereka membawa atribut hingga pernak-pernik berlambang PKS.

Saat tiba di kantor KPU, mereka langsung memberikan berkas kesiapannya untuk menjadi calon legislatif. Setelah itu berkas tersebut langsung diverifikasi oleh petugas KPU Kabupaten Bandung.

Ketua DPD PKS Kabupaten Bandung, Gun Gun Gunawan mengatakan aksi menggunakan delman tersebut sengaja dilakukan semua bakal calon legislatif. Delman tersebut diiringi dengan puluhan motor yang mendampingi.

“Kita membawa 8 delman. Dengan filosofinya nomer 8, di tanggal 8, dan kita diiringi 20 motor. Dengan target PKS 20 kursi. Kenapa pakai delman, karena kita optimis nomer 8 bisa menang,” ujar Gun Gun, di Kantor KPU Kabuapaten Bandung, Soreang.

“Filosofi mendaftar tanggal 8 karena sesuai nomor urut PKS yaitu 8. Imbauan serentak dari DPP. Seluruh pengurus DPP, DPW, DPD kota/kabupaten mendaftarkan ke KPU. Bismillah, ada spirit, berkah tanggal 8 ini,” kata Gun Gun menambahkan.

Gun gun menyebutkan PKS menjadi pendaftar yang pertama di KPU Kabupaten Bandung. Menurutnya hal tersebut menunjukan kesiapan PKS mengikuti pemilu 2024 mendatang.

“Ini (daftar) ada 55 orang, sesuai kuota. Targetnya harus menang di Kabupaten Bandung 20 kursi Insha Allah,” jelasnya.

Dia menuturkan dari 55 bakal calon legislatif tersebut terdapat beberapa yang bertahan dan berpindah ke Provinsi hingga pusat.

“Untuk setiap Dapil tentunya yang sekarang incumbent atau yang bertugas di DPRD Kabupaten Bandung ada yang masih di sini, juga yang ke provinsi dan pusat. Prioritas semua Dapil,” bebernya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya menuturkan saat ini KPU tengah melakukan pemeriksaan berkas terhadap bakal calon legislatif. Sehingga bisa segera dikeluarkan tanda bukti kelengkapan berkas.

“Tentu kita berharap dan mohon doa, pelaksanaan atau pendaftaran pengajuan bakal calon ini bisa berjalan tertib, baik KPU, media, partai politik dan semuanya dalam kondisi siap. Sehingga diharapkan semua berjalan lancar sesuai keinginan kita sampai 14 Mei 2023,” ucap Agus.

Sekadar diketahui, KPU telah membuka masa pengajuan bagi bakal calon legislatif dari partai politik peserta Pemilu 2024. Masa pengajuan telah dibuka sejak 1 Mei dan akan berakhir 14 Mei 2023.

Masa pengajuan pada tanggal 1 Mei hingga 13 Mei 2023, waktunya dibuka mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Sementara di hari terkahir, yakni tanggal 14 Mei, waktu pengajuan dibuka mulai 08.00 WIB – 23.59 WIB.