PKS Mulai Ancang-Ancang Safari Politik Demi Raih 60 Persen Suara di Pilkada Jabar, Termasuk ke PDI Perjuangan

Bandung, tvOnenews.com – Sejumlah partai politik di Jawa Barat telah ancang-ancang memanaskan kembali mesin politik menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.  Terhitung pada 27 November 2024 nanti, pilkada serentak akan dilaksanakan di sejumlah daerah di Indonesia.  Pada kontestasi Pilkada kali ini, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jabar menargetkan meraih 60 persen suara untuk menang di daerah maupun Pemilihan Gubernur (Pilgub). 

“Untuk target peluang Pilkada, kalau dari DPP ditetapkannya sejak Musyawarah Wilayah (Muswil) yang targetnya 60 persen. Kemudian untuk Pilgub targetnya gubernur, dan target di daerah dari tiga kepala daerah bisa meningkat jadi enam kepala daerah,” kata Ketua DPW PKS Jabar, Haru Suandharu di Mason Pine, Minggu (5/5/2024). 

Haru mengatakan, untuk raihan kursi Walikota di Jawa Barat di targetkan meningkat menjadi 6 orang sedangkan untuk wakil kepala daerah dari lima orang menjadi 10 orang pada Pilkada 2024 mendatang. 

“Beberapa yang sudah ditargetkan, daerah yang sudah jadi wali kota misalnya Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi itu yang sudah punya tiketnya, targetnya jadi kepala daerah,” kata Haru. 

Disinggung komunikasi intens dengan partai lain, Haru menyebut sudah mulai bertemu dengan beberapa partai.  “Sudah mulai ngopi-ngopi, jadi tidak hanya PKS yang halal bi halal antar partai tapi yang lainnya,” ungkapnya. Beberapa nama yang santer masuk bursa kepala daerah, tahapannya dengan mengajukan ke DPP masing-masing partai untuk dapat rekomendasi.  Haru menyebut, partai yang berkomunikasi secara intens dengan PKS diantaranya, NasDem, PAN, PDIP hingga PKB

“Dengan PKB baru janjian (ketemu), untuk Gerindra baru sepintas,” imbuhnya.  Perihal kerjasama dengan PKB, komunikasi dirajut di tingkat DPP dikatakan Haru, untuk di tingkat DPW sudah saling mengunjungi partai satu sama lain.  Tak hanya sekedar komunikasi, kata Haru, bertemu dengan mengunjungi partai masing-masing sudah dilakukan

“Semua partai sudah kita ngobrol, sama Golkar, PAN, PKB, PDI,” tambahnya.  Adapun siapa calon yang akan diusung, Haru menyebut, tinggal menunggu keputusan dari DPP.  Sebagai informasi, Sejumlah nama santer masuk penjaringan bursa Gubernur Jawa Barat dari Partai Keadilan Sejahtera. Anggota DPR RI Netty Prasetiyani Heryawan, Wakil Ketua Majelis Syura Mohamad Sohibul Iman, Anggota DPR RI Suwono, Anggota DPR RI Mardani Ali Sera, Walikota Depok Mohammad Idris hingga Ketua DPW PKS Jabar Haru Suandharu menjadi nama-nama kuat yang mewarnai bursa penjaringan PKS sebagai Bacagub Jawa Barat.