PKS Usulkan 2 Kadernya Maju di Pilwalkot Bandung, Salah Satunya Umi Oded

Bandung, PRFMNEWS – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bandung akhirnya mendapatkan dua nama kader mereka yang akan maju dalam Pilwalkot Bandung. Kedua nama tersebut adalah Siti Mumtamah Oded atau yang akrab disapa Umi Oded, dan Asep Mulyadi.

Ketua PKS Kota Bandung Ahmad Rahmat menjelaskan, dua nama tersebut adalah bagian dari lima nama yang sebelumnya diusulkan DPD PKS ke DPW PKS Jawa Barat. “Setelah diajukan ke DPW, disetujui oleh mereka untuk Bacawalkot Bandung itu dua orang, InsyaAllah kader terbaik. Siti Muntamah atau Umi Oded, anggota DPRD Jabar dua periode. Dan yang kedua adalah Pak Asep Mulyadi beliau adalah anggota DPRD Kota Bandung, sekarang juga Alhamdulillah terpilih lagi sebagai anggota DPRD Kota Bandung di Dapil 5. Mereka sudah resmi diputuskan sebagai bakal calon Walikota Bandung dari PKS oleh DPW, setelah sebelumnya kami mengusulkan lima nama kader kami, ” jelas Ahmad di Bandung, Senin 6 Mei 2024.

Keputusan dua nama tersebut, kata Ahmad, berdasarkan berbagai pertimbangan di antaranya pengalaman dan kerja mereka di masyarakat. Selanjutnya, kata Ahmad, DPD PKS pun sudah menyampaikan kepada kedua kandidat tersebut untuk segera melakukan sosialisasi ke masyarakat. “Artinya kita sudah menginformasikan segera bersosialisasi dan komunikasi dengan berbagai pihak, saya butuh masukan dari dua orang ini,” jelasnya.

Berkenaan dengan bangunan koalisi, Ahmad mengatakan hingga kini komunikasi dengan Partai Politik lain masih terus dilakukan. Satu diantaranya, menyampaikan kandidat bakal calon wali kota dari PKS kepada Parpol lain. “Komunikasi politik dengan berbagai pihak dan partai, sudah disampaikan juga mereka resmi jadi kandidat bacawalkot diusulkan ke DPW, nanti akan diputuskan DPP dan SK-nya hanya satu nama untuk didaftarkan ke KPU,” ungkap dia.

Mengenai posisi yang ditawarkan kepada parpol lain, Ahmad menjelaskan sebagai pemenang Pemilu di kota Bandung, PKS sudah barang tentu mengincar kursi wali kota. Meski begitu, dalam politik semua masih dinamis. “Sampai saat ini kami masih di posisi kandidat kami untuk wali kota. Kita sudah bicara dengan Golkar, Nasdem, Gerindra, dan lainnya,” ungkapnya.

Terkait isu yang beredar bahwa PKS akan menggaet kalangan artis untuk mendampingi bakal calon wali kota mereka, Ahmad tidak menampiknya. Hal itu, kata dia, sebagai bagian dari strategi politik. “Ada beberapa yang sudah komunikasi sama kami, tidak langsung tetapi kami juga komunikasi dengan Partainya.”

Setelah diumumkan, lanjut Ahmad, DPD bersama dua bakal calon wali kota akan memperkuat tim. Nantinya, kata dia, tim tersebut akan membantu kandidat di lapangan. “Tahap selanjutnya setelah diumumkan, ya kami akan membuat tim untuk memeperkuat mereka. Mereka akan sosialisasi memperkenalkan diri, nanti kita liat respon masyarakat,” pungkas Ahmad.