FOMPI Cimahi Berharap Pemerintah Baru Perhatikan Kesejahteraan Seniman

Bandung, KBRN – Kota Cimahi, Kota yang terdiri dari 3 kecamatan, serta penduduk nya yang terbilang padat, ternyata telah menghasilkan musisi-musisi terkenal setiap zaman nya. 

Mulai dari zaman dulu, hingga zaman kini (gen-z), Kota Cimahi telah lahir kan musisi-musisi hebat.

Siapa yang tak kenal musisi zaman dulu seperti Harry Moekti, Jamrud, Sule hingga musisi yang dikenal gen-z seperti Rizky Febian, Yura Yunita dan sebagainya yang mereka semua berasal dari Cimahi.

Namun dibalik itu semua, dikatakan salah satu founder FOMPI (Forum Musisi dan Penyayi Indonesia), Niko Suharnoko, Cimahi dengan musisi kreatif nya, masih terbilang kurang dari segi perhatian pemerintah, untuk dorongan industri musik khususnya di Kota Cimahi.

“Cimahi itu padat, dan kreatif warganya. Di cimahi memang peran pemerintah untuk menyerap para seniman masih belum maksimal. Ingin nya kita menyerap musisi menjadi industri. Sekarang kan musisi itu jadi profesi ya. Jadi memang harus dirangkul,” ucap Niko yang juga sebagai Ketua Sekber Kang Haru Kota Cimahi.

Masih minimnya fasilitas serta infrastruktur seperti gedung kesenian yang belum ada di Cimahi, membuat musisi-musisi berkarya dan mendorong nama nya secara mandiri.

“Gedung kesenian di cimahi belum ada. Padahal musisi asal cimahi seperti Jamrud, Harry Moekti yang memang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia ya. Yang kebanyakan mereka itu semua mandiri, lari ke kota lain seperti ke Bandung,” tegasnya.

Maka dari itu, Bakal Calon Gubernur Jawa Barat 2024 – 2029, Haru Suandharu, dideklarasikan Niko dan barisannya di Kota Cimahi, Minggu (9/6/2024) untuk memimpin Jawa Barat, guna industri musik di Kota Cimahi khususnya, bisa lebih berkembang.

Niko menilai, Kang Haru bisa membuat gebrakan baru, seperti merangkul para seniman agar dapat lebih berkembang, sehingga musisi asal Cimahi, akan tetap eksis di setiap masa-nya.

“Saya lihat beliau (Kang Haru) terutama dari PKS ya itu sangat religi, pendidikan nya bagus, konsisten dan komitmen juga. Jadi mudah-mudahan bisa menggebrak, mengetuk walikota cimahi sebagai pemimpin nya agar lebih memerhatikan seniman seperti kami,” tutupnya.