You are here
Home > Berita > Jawa Barat > Pasangan Asyik Usung “Citarum Harum”

Pasangan Asyik Usung “Citarum Harum”

1,005 total views, 1 views today

 

Bandung, jabar.pks.id – Pasangan Asyik menilai Citarum sebagai salah satu objek yang harus diprioritaskan. Untuk itu, pasangan nomor urut tiga di pilgub Jawa Barat itu mengusung program “Citarum Harum”. Hal tersebut disampaikan cawagub Ahmad Syaikhu saat menanam pohon bersama masyarakat di bantaran sungai Citarum, di Kampung Rongga, Bandung, Jawa Barat, pada Selasa (20/2/2018).

 

“Untuk Citarum Harum, kami memiliki tiga langkah strategis, yakni struktural, non struktutural, dan kultural,” ujarnya.

 

Langkah struktural, lanjut lelaki yang pernah menjadi ketua DPW PKS Jawa Barat itu, terbagi menjadi tiga langkah penting. Ketiganya adalah membuat tanggul secara optimal, melakukan normalisasi aliran sungai dengan mengurangi sedimentasi, dan membuat drainase di sepanjang Citarum. Langkah struktural ini harus secara serius dilakukan untuk membenahi permasalahan sungai terpanjang di Jawa Barat itu.

 

Untuk langkah non struktural, caranya adalah membuat sumur resapan dengan kebijakan zero run off. Langkah ini dilanjutkan dengan pembuatan water treatment oleh perusahaan penghasil limbah. Selain itu, pembuangan limbah juga harus tetap diawasi.

 

“Terakhir adalah langkah kultural. Caranya dengan membangun budaya membuang sampah pada tempatnya dan menjadikan sungai sebagai wajah pemukiman. Citarum ialah sumber kehidupan masyrakat Jawa Barat,” tutupnya.

 

Pada kesempatan ini, Syaikhu bersama-sama masyarakat melakukan penanaman pohon sebagai bentuk komitmen mewujudkan “Citarum Harum”. Kader partai pengusung pasangan Asyik, seperti PKS, Gerindra, PAN, dan PBB, tampak hadir pada acara ini. Tokoh agama dan masyarakat, seperti pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Bandung Barat, juga terlihat menghadiri acara ini. (HFZ/DLS)

 

 

 

Similar Articles

Leave a Reply

Top
%d bloggers like this: